TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BENDILWUNGU KABUPATEN TULUNGAGUNG PADA BULAN MARET TAHUN 2021
Abstract
Pelayanan kefarmasian adalah salah satu bagian dari pelayanan kesehatan di Puskesmas. Pelayanan kesehatan merupakan faktor penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan setiap insan di seluruh dunia dan setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang bisa diungkapkan sebagai kepuasan pasien. Kepuasan pasien digambarkan sebagai harapan dan kenyataan yang dirasakan pasien pada saat mendapatkan pelayanan kefarmasian. Pasien akan merasa puas apabila pelayanan kefarmasian yang diperoleh pada kenyataannya sama atau melebihi harapannya, sebaliknya pasien akan merasa tidak puas apabila pelayanan kefarmasian yang diperoleh pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Bendilwungu kabupaten Tulungagung pada bulan maret tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling dengan jumlah sampel 83 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan maret tahun 2021 dengan menggunakan kuesioner kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Bendilwungu Kabupaten Tulungagung berada pada kategori sangat puas dengan presentase (82,09%) berdasarkan indikator pengukuran tingkat kepuasan pasien.








